#

Inilah Penyebab Mengantuk Setelah Makan

Pernah mengantuk dan ingin tidur setelah makan siang ? Rasa kantuk yang sulit terelakan setelah makan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kalori dan garamlah penyebabnya.

Penelitian The Scripps Research Institute, AS, mengungkapkan bahwa sering mengantuk usai makan siang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Di antaranya, kandungan protein yang tinggi, garam yang besar, atau mengonsumsi kalori dalam jumlah berlebih.

Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan penelitian terhadap lalat buah. Mereka menciptakan sebuah sistem yang dapat mengukur tidur dan perilaku makan dari lalat buah. Hasilnya ditemukan, lalat buah memiliki perilaku yang sama dengan manusia, yakni setelah makan mereka akan tertidur. Bahkan, mereka dapat tidur lebih lama.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa jenis makanan tertentu dapat mendorong seseorang untuk tidur usai makan. Demi memahami hubungan ini lebih dalam, para peneliti menciptakan Activity Recording CAFE (ARC), sebuah sistem untuk lalat melacak konsumsi makanan secara dan gerakan serangga.

Kemudian, lalat diberi makanan yang terdiri atas protein, garam, atau gula. Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal eLife itu menemukan bahwa hanya makanan yang mengandung protein dan garam yang dapat mempengaruhi tidur atau rasa kantuk usai makan. Terlebih jika dikonsusmi dalam jumlah banyak.

Bagaimana mengatasinya ?

Makanlah dalam jumlah cukup, tidak berlebihan. Terutama makan pagi karena sangat penting karena bisa menjadi sumber energi hingga waktu makan siang hari. Bahkan dengan makan pagi membuat Anda tidak akan mengambil jumlah makan siang yang berlebihan. Namun jumlah makanan yang dimakan saat makan pagi harus dalam jumlah yang cukup, tidak  berlebihan dan tidak kekurangan. Makanan yang sangat disarankan misalnya seperti roti, sereal, yogurt, susu rendah lemak, ubi, dan buah-buahan. Hindari makan berat dengan karbohidrat tinggi seperti nasi beras putih.

Selain itu, sebaiknya kita menghindari makanan cepat saji. Meski gaya hidup perkotaan yang  sibuk membuat beberapa orang tidak bisa menyiapkan makan pagi dengan baik. Cara instan yang paling sering dilakukan adalah mengkonsumsi makanan cepat saji yang lebih praktis. Namun ternyata makanan cepat saji tidak baik untuk pencernaan karena mengandung banyak garam, karbohidrat, lemak, perasa makanan dan juga gula. Selain itu jumlah kalori juga lebih tinggi. Hal ini akan membuat orang merasa mengantuk.

Jadi jika Anda sering merasa mengantuk setelah makan, maka bisa dipastikan bahwa terlalu banyak garam dan protein dalam makanan kita. Yang pasti, porsi makan kita mungkin terlalu banyak.(ip)

 


Comments

LATEST ARTICLES

  • DWP Kota Surabaya me...

    CSR atau yang memiliki akronim Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menunjukkan ta...

    05 Dec 2018     dwpsurabaya    
    • DWP Kota Surabaya¬†G...

      Sejumlah 125 guru - guru sekolah Inklusi se Surabaya bergiat mengikuti pelatihan membuat jajanan sehat. Workshop  bertajuk Fun Coo...

      05 Dec 2018     dwpsurabaya    
      • DWP Kota Surabaya Id...

        Setelah tahun sebelumnya sukses menelurkan bakat terbaik wanita - wanita kota Surabaya dalam lomba parodi lagu Jawa, Dharma Wanita Pers...

        29 Nov 2018     dwpsurabaya    
        • DWP Kota Surabaya & ...

          Surabaya boleh berbangga diri dalam memberikan ruang sejuk bagi penyandang disabilitas dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Digawangi oleh Dh...

          30 Jul 2018     dwpsurabaya    
Agenda Kegiatan: PERINGATAN HUT DHARMA WANITA PERSATUAN KOTA SURABAYA - Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya ke-17 dan Peresmian Website Dharma Wanita Persa... readmore  |   BUNDA PAHLAWAN EKONOMI - Dalam rangka peringatan Hari Ibu Nasional, Pemerintah kota Surabaya mengapresiasi perjuangan dan kip... readmore  |   PERINGATAN HUT DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI JAWA TIMUR - Acara akan dihadiri oleh 38 kabupaten/kota se Jawa Timur, bertempat di kantor Gubernur Pemerintah Pr... readmore  |   MALAM PENGANUGERAHAN KOMPETISI FILM PENDEK SMP/MTS/SMA/SMK/MA SE-SURABAYA - Dharma Wanita Persatuan kota Surabaya bekerjasama dengan Independen Film Surabaya (INFIS) mengadakan... readmore  |   Peringatan HUT KE - 17 DWP Kota Surabaya Tahun 2016 - Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-17 Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya Tahun 2016 di Gedung Wanita ... readmore  |   Roadshow Senam Rekreasi PERWOSIJawa Timur (RPJT) 2 - Roadshow Senam Rekreasi PERWOSIJawa Timur (RPJT) 2 merupakan agenda kegiatan Ketua DWP Kota Surabaya... readmore  |   Clasical Parenting "Pengaruh Asupan Makanan Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak" - Dalam rangka hari Gizi dan Makanan Nasional 2017, Yayasan Dharma Wanita yang di pimpin Ketua DWP Kot... readmore  |   Roadshow Sehat Bugar Bersama PERWOSI Surabaya - Dalam rangka hari Gizi dan Makanan yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2017 PERWOSI Kota Surabaya bek... readmore  |   Seminar Parenting bersama GOPTKI - Seminar Parenting "Mengidentifikasi Anak Kesulitan Belajar dan strategi mendampinginya" di hadiri o... readmore  |